Friday, August 14, 2009

BALI milik SIAPA?

Pertanyaan bodoh ini telah lama berputar2 mengisi ruang tengkorak saya....

PERTAMA saya rasa bali kini kembali DIJAJAH bangsa luar....coba liat di sekitar areal persawahan dan di tempat2 yang memiliki pemandangan yang bagus, biasanya nyempil rumah mewah yang sering kita sebut sebagai viLLA...Siapa yang punya itu?orang BALI kah?saya ragukan itu...Orang luar Bali-kah?mungkin........Orang Luar negeri?saya yakin itu.......Orang2 lokal kita hanya dipekerjakan sebagai pekerja disana...Entah sebagai tukang bangunan, penjaga rumah, pembantu atau supir mereka...

KEDUA saya rasa masyarakat bali ”tidak bisa” berwisata ke mana2...sebab tempat2 wisata di BALI memang disetting untuk wisatawan luar negeri!!Bayangin aja, untuk lihat hewan2 lagi tiduran aje kita mesti bayar mahal...Untuk lihat burung lagi BAB juga mesti bayar mahal...Apalagi mainan air sambil naik perosotannya nambah mahal lagi....Otomatis masyarakat lokal menengah ke bawah hanya mampu berwisata alam semisal ke pantai atau gunung...Itupun tanpa membeli apa2, sebab walopun tidak bayar tiket masuk, klo sudah disetting menjadi tempat wisata, harga2 disekitarnya pun otomatis menigkat secara signifikan.

KETIGA tentu saja masalah bahasa

Jadi menurut saya BALI milik mereka2 aja n kita sebagai masyarakat lokal hanya sebagai ”wisatawan di rumah sendiri”

2 comments:

  1. aku cuma setuju point pertama dari tulisanmu pong, aku juga gerah ngeliat makin banyak sawah di bali abis cuma gara2 investor, masalahna sekarang ini kebanyakan orang bali mikir pendek aja, begitu ada kebutuhan duit, langsung jual tanah, emang sieh dapet duit banyak, tapi abisnya juga cepet, setelah duit abis,tanah abis, hidup melarat lagi deh...
    point kedua yang kamu tulis kok malah ngebuat aku ngerasa kamu kurang referensi mlali ama cewekmu ya? huehehehee.... banyak kok tempat wisata yang bisa kamu kunjungin buat have fun, tiketna gratis, pemandangana keren.. kamu tinggal bilang maw kunjungi yg kayak apa, aku kasi daftarnya deh.. (beuh, sombong dikit) klo ke bonbin ato waterbom ya emang mesti bayarlah, kamu mesti mikirin maintenancenya, gaji karyawannya (yg notabene org bali juga), makanan satwanya (gak mungkin dong singanya makan angin tiap hari)dll, lagian harga tiket buat orang bali beda lowh ma org luar, tipsnya, sksd lah dengan penjual tiket n jangan lupa pake bhs.bali, lancar dah diskonnya. klo maw hemat lagi kamu perlu tiru caraku n tmn2 sgd klo maw melali tu bawa bekel snack n makan siang dari rumah, jadi gak perlu keluar biaya makan lebih banyak klo dsana... hehehe
    klo masalah bahasa sieh gak bisa kita paksain juga turis2 itu mesti berbahasa bali, ato biar adil kita pake bhs.tarzan gt? hehehe, gak mungkin lah... mreka kan cuma beberapa minggu di bali, aku aja belajar bhs.jepang 4 bulan cuma tau dasarnya bgt.. n bhs yang diakui jadi bahasa internasional kan cuma 5 (inggris, cina, dll)jadi buat keuntungan bersama kita pake bhs.inggris... tapi ya, klo uda lama tinggal di bali banyak juga kok turis yang akhirna fasih bhs. indonesia, it's about time pong... btw,sayang bgt ya walopun nenek moyang kita pelaut, tapi mereka gak segencar nenek moyangnya bangsa inggris yang keliling dunia menjajah n menyebarkan bahasanya sampe bisa diakui jadi bahasa internasional ky sekarang ini

    ReplyDelete
  2. mimih...besok2 kamu nitip tulisan aja ama aku tam...entar aku postingin..udah mulai pinter nulis neh

    ReplyDelete