Saturday, April 11, 2009

SEPARATISME = LUNTURNYA NASIONALISME

Sering muncul di tipi tentang kelompok2 masyarakat yang ingin lepas dari NKRI. Ingin membentuk negaranya sendiri. Dahulu aceh bergejolak, sekarang di Maluku dan Papua yang sedang giat2nya “memerdekakan diri”. Banyak nyawa juga terbuang sia2 dalam usaha ini, entah dari pihak aparat keamanan maupun warga sipil lainnya.

Entah apa yang ada di otak para pejuang kemerdekaan itu. Meskipun saya menyukai sosok serta pemikiran seorang pemberontak yang saya rasa super duper idealis, tapi saya rasa, pemberontakan dan usaha melepaskan diri dari NKRI merupakan hal yang tidak seharusnya dilakukan, suatu hal yang BODOH!!!!

Para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang sebenarnya telah berjuang mati2an (mati beneran) untuk menyatukan NKRI. Bayangkan, jaman dahulu, dimana akses komunikasi dan transportasi masih sangat terbatas, para pendahulu kita bisa tetap berkoordinasi serta bersatu padu melawan penjajah!!! Suatu usaha yang patut kita acungi 5 jempol dan wajib kita jaga hasil kerja keras mereka. Papua pun sudah dengan susah payah bisa bergabung dengan bangsa Indonesia setelah melalui perjuangan fisik dan diplomatis. Perlukah kita menodai persatuan ini??? SAYA RASA TIDAK PERLU.

Saya tidak tahu alasan2 mereka ingin memerdekakan diri. Masalah klasiknya paling mereka berpikir pembangunan yang tidak merata, anggaran yang kecil dsb. Misalnya benar masalahnya itu, kenapa hanya memerdekakan diri solusinya? Coba berpikir lebih jernih. Tidakkah kita ingin menghargai jasa pahlawan kita??? Klo memang yang ingin memerdekakan diri itu jumlahnya banyak, knapa mereka tidak berjuang secara diplomatis?

Langkah pertama mereka harus nego dengan DPRD untuk merancang daerah istimewa seperti layaknya di ACEH maupun di JOGJA. Trus ketika daerah itu sudah istimewa, tentu mereka juga memperoleh hak mendirikan partai lokal. Kemudian raih suara dalam pemilu, kalian akan menjadi anggota DPRD. Disini kalian bisa berjuang secara diplomatis. Berjuang melalui DPRD lewat partai lokal tersebut, entah anggaran daerahnya ditingkatkan 10 x lipat, atau membentuk undang2 yang bertujuan memajukan daerah itu sendiri. Terserah keinginan kalian. Meskipun terkesan lebih ruwet dan lama, tapi setidaknya dengan cara ini, daerah kita bisa maju tanpa ada korban yang berjatuhan dan tentunya tetap menghormati jasa pahlawan.

2 comments:

  1. bener banget pong, jasa pahlawan kita emang patut diacungi jempol, tapi jempolku gak sebanyak punyamu pong... hehe... bali juga dulu sempet ribut maw merdeka loh pong.... apapun alasan mereka, menurut aku klo uda sampe ada kata ingin merdeka berarti pemerintah juga mesti introspeksi diri... kita juga gak mesti langsung ngejudge hal buruk dong k mereka... merdeka!!!!!! (dgn gaya megawati)

    ReplyDelete
  2. klo bali maw merdeka, menurutku itu cuma pemikiran sekelompok orang aja yang menurutku belum dipikirkan mateng2. klopun bali merdeka, yang kaya ya mereka2 doang ajja

    ReplyDelete