Friday, September 25, 2009

cintamatisme

Malam itu merupakan malam pertama saya dapat giliran jaga…..di forensik, kami mengenal 2 jaga, jaga depan dan belakang….malam itu saya kebagian jaga depan…itu berarti saya harus begadang semalaman di ugd bedah, menunggui kasus datang semisal kekerasan, pemerkosaan ato apalah yang sekiranya membutuhkan visum dari bagian forensik…..malam itu biasa saja......tidak ada kekerasaan, penganiayaan maupun pemerkosaan…hanya kecelakaan lalu lintas yang lumayan banyak kejadiannya……

sekitar pukul 4.30 dini hari, kami mendapat konsul dari bagian interna, mengenai kasus percobaan bunuh diri……saya dan seorang senior pun bergegas menuju ugd interna, menanggapi konsulan itu, hendak mengambil sampeL darah, urine maupun muntahan dari korban tersebut untuk diuji di lab forensik…..

ketika sedang sibuk mencatat data korban di ugd interna, pandangan mata saya teralihkan dengan kedatangan sepasang orang tua….sepasang manusia dengan pakaian sederhana……saya taksir umur mereka lebih dari 60 tahun….ternyata si ibu tersebut sedang mengalami serangan asma dan mengalami sesak nafas yang hebat…..langsung saja paramedis yang ada disana menghidupkan mesin nebulizer dan memberikan pertolongan pada ibu tua tersebut…..

sembari menunggu efek obatnya bekerja, bapak tua tersebut menunggui istrinya dengan penuh kasih sayang…..menyodorkan kursi yang lebih empuk untuk istrinya tersebut, membiarkan dirinya di usia tuanya, dalam pagi sedingin itu, berdiri, menunggui istrinya tanpa mengeluh…..ia dengan lembut membelai pundak istrinya yang sedang terduduk, tersengal2 sambil menghirup gas berisi obat untuk melonggarkan jalan pernafasannya…

entah chemistry apa yang saya rasakan pagi itu…..di tengah kantuk yang tak tertahankan, di tengah kesibukan menulis rekam medis pasien, saya merasa ada cinta disana…..di tengah padatnya ugd interna, di tengah lalu lalangnya calon dokter spesialis, calon dokter, perawat, saya merasa ada cinta terselip disana…..entah sampai kapan mereka bisa bersama membagi cinta…..mungkin sampai ajal menjemput salah satu dari mereka…………

No comments:

Post a Comment