Wednesday, January 21, 2009

Urus Negeri Sendiri!!!!

Pernahkan anda menonton berita di televisi akhir2 ini?

Klo prnah, saya yakin anda pasti tahu Palestina dan Israel sedang terlibat konflik yang memang sebenarnya sudah berlangsung puluhan tahun (bahasa kerennya acute on chronic,he3).

Masyarakat Indonesia pun tidak diam. Mereka berunjuk rasa dengan jumlah massa yang sangat besar,memacetkan Jakarta. Mereka mengumpulkan uang, mendesak pemerintah mengirimkan bantuan kemanusiaan, serta gilanya lagi, mereka yang masyarakat sipil mempersiapkan diri berangkat ke Palestina dengan berlatih bela diri tangan kosong!!!! woOW. Sehebat2nya manusia bela diri, walopun sudah mendapat gelar profesor dalam dunia bela diri, kena serempet rudal dikit aja,pasti mati!!!!!!!Ada pepatah lama yang mengatakan (sebenarnya saya ngarang) jangan mencoba membantu orang tenggelam klo kamu tidak bisa berenang. he2. Saya rasa,media massa terlalu mengekspose masalah perang ini. 30% amunisi yang dilepaskan (peluru,granat dan rudal) dapat dipastikan akan salah sasaran.Tentu jika ada perang, pasti ada masyarakat sipil yang jadi korban.

Lupakan itu, saya sendiri tidak setuju dengan perang, namun saya agak kecewa dengan perhatian masyarakat indonesia yang terlalu besar terhadap masalah ini. Mari kita berpaling sejenak, pernahkah kalian mendengar berita tentang wabah kolera di Zimbabwe? Saya yakin hanya sedikit yang tahu!!. Korbannya jauh diatas korban perang!!! Jangan jauh2, di Papua saja ada wabah kolera bebrapa waktu ini namun korbannya tidak sebanyak 2 peristiwa diatas. Dalam hal wabah kolera ini, saya tidak pernah melihat ada organisasi massa yang berunjuk rasa, mengumpulkan sumbangan atau mendesak pemerintah untuk mengirimkan bantuan. Ambil contoh kolera di Zimbabwe dan Papua, apakah mereka meninggal akibat egoisme pihak2 tertentu?Apakah mereka mendapat warisan dendam dari pendahulu2 mereka akibat perang? TIDAK .Semata2 hanya kurangnya taraf ekonomi, pendidikan dan akses ke fasilitas kesehatan.A pakah masyarakat seperti ini tidak perlu dibantu?.

Sebagai masyarakat umum, saya menghimbau sebaiknya kita lebih melihat ke dalam negeri dulu.mari kita sama2 benahi negeri ini. Klo indonesia sudah menjadi INDONESIA, baru kita bantu negara lain. Negara kita banyak kurangnya. Kita tidak menganut sistem politik mercusuar yang tetap kelihatan terang walopun bangunannya amburadul!!!

1 comment: