Thursday, January 14, 2010

DEBAT

Mendengar kata debat, pikiran saya langsung tertuju kepada situasi dimana ada 2 kubu orang bodoh dengan pendapat 180° berbeda, mati2an mempertahan keegoannya masing2….kenapa bodoh???sebab hanya ada 1 kebenaran di satu masalah…kubu lagi satu hanya ngotot mempertahankan pendapatnya untuk menjaga harga diri dan sifat keakuannya…saya lebih senang mendengar kata diskusi daripada kata debat….seakan lebih manusiawi…

beberapakali menonton televisi, saya prihatin melihat situasi di Negara bodoh yang sangat saya bela ini….ada seorang yang menulis buku (yang saya tidak tahu isinya apa) yang judulnya berisi daerah rumah presiden kita…menurut saya menulis buku bukanlah hal yang kriminiL, seLama semuanya berlandaskan fakta, bukan asal tulis….faktanya, banyak pihak menentang buku itu hingga buku tersebut menghilang dari pasaran….yang saya sesalkan bukan masalah isi dari bukunya, melainkan debat mengenai isinya…..saya sempat menonton kericuhan itu yang benar-benar memalukan..saya tidak tahu mana si pembuat buku, mana si penentang buku, mana si moderator, mana si wartawan….semuanya tumpah ruah….intinya ada seorang yang memukulkan buku tersebut ke muka lawan bicaranya…damN…ibu orang itu tidak pernah mengajarkan etika ke anaknya…

lain haLnya tingkah poLah anggota wakil rakyat kehormatan dan kebanggan kita semua…dalam rapat ekslusif (ato apalah namanya) yang menyelidiki keuangan Negara yang mengalir ke salah satu bank swasta, seorang anggota dewan berkata BANGS*T ke rekan anggota dewan lainnya….itu siaran langsung, pak dewan ngomong pake mirofon, didengar dan disaksikan jutaan rakyat Indonesia (mungkin juga dunia internasional)…..sungguh pak dewan terhormat ini memberikan pelajaran tata bahasa yang sungguh “terhormat” kepada masyarakat Indonesia…..para wakiLnya saja bertengkar, mencaci maki, bagaimana rakyat bisa soPan?kami mencontoh anda pak!!!

No comments:

Post a Comment